Menjelang Natal dan Tahun Baru, Pemkot Palembang Periksa Bahan Makanan di Pasaran

Menjelang Natal dan Tahun Baru, Pemkot Palembang Periksa Bahan Makanan di Pasaran
Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda saat mengecek sejumlah bahan makanan di pasar tradisional Palembang. Foto: Dok. Diskominfo Kota Palembang

jpnn.com, PALEMBANG - Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Pemerintah Kota Palembang memastikan bahan makanan yang dijual di pasaran bakal aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Sebab, Pemkot Palembang bersama Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumatra Selatan telah membina dan memproses sejumlah pedagang nakal.

"Dari beberapa kali kami sidak dan monitoring bersama BPOM, menunjukan hasil yang baik yakni sudah tidak ditemukan zat berbahaya seperti formalin pada mie kuning, tahu, dan zat berbahaya lainnya," kata Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda, Jumat (2/11).

Pihak Pemkot optimistis sudah tidak ada lagi bahan makanan bahaya yang beredar di pasaran menjelang Natal dan tahun baru.

Menurut Fitri, pihaknya bertindak cepat karena belajar dari kasus gagal ginjal akut yang sempat naik di Indonesia beberapa waktu lalu.

“Dari isu nasional, obat sirup, kami dengan cepat ikut mencegah peredaran bebas di Palembang,” bebernya.

Kepala BBPOM Sumsel Zulkifli mengatakan pihaknya terus memantau dan mengecek ke lapangan untuk mencegah peredaran zat berbahaya pada makanan dan kosmetik di Sumsel.

“Jad menjelang akhir tahun ini kami akan terus tingkatkan pengawasan hingga di perbatasan Sumsel,” tegas Zulkifli. (mcr35/jpnn)

Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Pemerintah Kota Palembang memastikan bahan makanan yang dijual di pasaran aman untuk dikonsumsi.


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News