Menjelang Ramadan, Panji Adhikumoro Ziarah ke Makam Soeharto

Menjelang Ramadan, Panji Adhikumoro Ziarah ke Makam Soeharto
Panji Adhikumoro (tengah) Ziarah ke Makam Soeharto. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, KARANGANYAR - Ketua Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP) Panji Adhikumoro berziarah ke makam sang kakek, Soeharto, di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah.

Kegiatan itu dilakukan Panji, untuk memperingati ulang tahun ke-42 YAMP sekaligus meryakan bulan Soeharto, bersamaan dengan datangnya Ramadan.

Panji Adhikumoro mengatakan, kedatangannya itu untuk mendoakan mendiang Soeharto agar mendapat kelapangan dari Tuhan Yang Maha Esa.

"Ziarah makam juga untuk memotivasi manusia agar makin rajin beribadah, berbuat kebaikan, dan beramal saleh.” ujar Panji, didampingi Wakil Ketua YAMP Issantoso, dan Sekretaris YAMP Marsono, dalam keterangannya, Selasa (5/3).

YAMP adalah yayasan yang didirikan mendiang Soeharto, yang sekarang dikelola Panji Adhikumoro. Sebagai penerus, Panji giat melakukan kunjungan ke berbagai masjid, terutama yang dibangun oleh sang kakek.

Ada 999 masjid yang dibangun oleh mendiang Soeharto, tanpa menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Masjid-masjid tersebut dibangun untuk memfasilitasi umat Islam beribadah. Pembangunan masjid-masjid tersebut berlangsung pada 1987-1997.

Masjid YAMP juga berperan sebagai pusat aktivitas peradaban seperti pelayanan pendidikan, kesehatan, hingga berbagai kegiatan ekonomi umat.

Menjelang Ramadan, Panji Adhikumoro berziarah ke makam sang kakek, Soeharto, di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News