JPNN.com

Menkes Budi: Vaksinasi Covid-19 di NTT Ditunda

Kamis, 08 April 2021 – 11:04 WIB
Menkes Budi: Vaksinasi Covid-19 di NTT Ditunda - JPNN.com
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan vaksinasi Covid-19 di Nusa Tenggara Timur (NTT) tertunda karena Siklon Tropis Seroja yang terjadi sejak 2 April 2021 lalu.

"Prioritas kami adalah sekarang penanggulangan bencana dulu sehingga otomatis vaksinasinya kami tunda," kata Budi dalam Forum Indonesia Bangkit, Selasa (6/4).

Menurut keterangan pada Kamis (8/4), Budi menerima laporan dari Ketua Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa suhu laut di NTT sedang naik yang biasanya 26 sampai 27 derajat celsius, sekarang sudah 30 derajat celsius.

Sebagai upaya penanganan bencana tersebut, Kemenkes membuat sekitar 10 pos kesehatan dan mendatangkan tim kesehatan, terutama tenaga ahli anestesi dan ortopedi karena banyak yang mengalami patah tulang dan perlu segera dioperasi.

Selain itu, dia juga optimistis karena telah membangun 10 ribu Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di pulau-pulau terluar seperti Ile Boleng, Wai Marang, Baniona, dan Waiwadan.

“Itu adalah empat Puskesmas yang ada di pulau-pulau terpencil di Nusa Tenggara Timur yang bisa menjadi sentra vaksinasi dan sudah memiliki logistik vaksinasi. Kami bersyukur kami sudah punya lebih dari 10 Puskesmas dan rutin melakukan vaksinasi. Jadi dari segi infrastruktur tidak terlalu khawatir,” ucap Budi. (mcr9/jpnn)


SPONSORED CONTENT

loading...
loading...