Menkes Endang Pilih Mengundurkan Diri

Menkes Endang Pilih Mengundurkan Diri
Menkes Endang Pilih Mengundurkan Diri
JAKARTA - Endang Rahayu Sedyaningsih memilih untuk mengakhiri karirnya sebagai menteri kesehatan di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid dua. Penyakit kanker paru-paru yang diidap sejak Oktober 2010 membuat Endang mengajukan pengunduran diri dari kursi menkes ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Seusai menjenguk Endang di RSCM, Jakarta, Kamis (26/4), SBY mengungkapkan adanya surat pengunduran diri tersebut. "Tujuannya semata-mata supaya berkonsentrasi untuk pengobatan beliau, dengan demikian kementerian kesehatan tidak terbengkalai," kata SBY.

SBY mengaku menghormati keputusan yang dipilih Endang tersebut. Permohonan pengunduran itu pun dikabulkan. "Saya setujui pengunduran diri beliau. Untuk sementara kementerian kesehatan sehari-hari dijalankan oleh wamen (wakil menteri) beserta pejabat terkait," ujarnya. Posisi Wamenkes saat ini diisi oleh Ali Gufron Mukti.

Dalam kacamata SBY, Endang termasuk menteri yang gigih. Misalnya saat mendampingi presiden melakukan kunjungan kerja ke daerah. "Bahkan saya tahu ketika beliau sudah mulai sakit tapi tidak mengurangi semangat dan irama kerjanya," tutur SBY yang didampingi Ani Yudhoyono dan Ali Gufron Mukti.

JAKARTA - Endang Rahayu Sedyaningsih memilih untuk mengakhiri karirnya sebagai menteri kesehatan di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid dua. Penyakit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News