Menkeu Sri Mulyani Bilang Indonesia Bisa Jadi Contoh Negara-Negara ASEAN, weh!

Menkeu Sri Mulyani Bilang Indonesia Bisa Jadi Contoh Negara-Negara ASEAN, weh!
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan Indonesia bisa jadi contoh bagi negara-negara ASEAN dalam penanganan defisit fiskal. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan Indonesia bisa jadi contoh bagi negara-negara ASEAN dalam penanganan defisit fiskal

Hal ini diungkapkan dalam rangkaian pertemuan Menkeu dan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada 7-8 April 2022 yang pada tahun ini berada pada keketuaan Kamboja.

Sri Mulyani menyebutkan pelebaran defisit Indonesia selalu di bawah tiga persen Produk Domestik Bruto (PDB) selama 15 tahun terakhir dan baru tiga tahun ada di atas tiga persen.

Kemudian, fleksibilitas APBN dapat responsif mendanai kebutuhan yang sangat prioritas di kala pandemi yaitu kesehatan dan sosial, serta gotong royong alias burden sharing dengan pihak lain seperti pemerintah.

"Terkait pelaksanaan program bantuan sosial dan Bank Indonesia terkait pendanaan penanganan pandemi," ujar Sri Mulyani dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu (10/4).

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut dalam konteks mobilisasi penerimaan perpajakan, ada beberapa tantangan bagi negara berkembang di ASEAN.

Oleh karena itu, kebijakan perpajakan tidak diarahkan untuk penerimaan melainkan relaksasi selama pandemi.

"Ke depan seiring pemulihan, Pemerintah Indonesia merancang konsolidasi fiskal dengan hati-hati dan terukur agar tidak mengganggu pemulihan ekonomi," ujar Menkeu.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan Indonesia bisa jadi contoh bagi negara-negara ASEAN dalam penanganan defisit fiskal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News