Menkeu Sri Mulyani dan Dirjen Bea Cukai Apresiasi WCO

Menkeu Sri Mulyani dan Dirjen Bea Cukai Apresiasi WCO
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi dan Duta Besar Belgia Yuri Thamrin melakukan pertemuan bilateral dengan Sekjen World Customs Organization. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, BRUSSELS - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi dan Duta Besar Belgia Yuri Thamrin melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal World Customs Organization (WCO) di markas WCO di Brussels, Belgia, Kamis (11/07).

Sri menyampaikan apresiasi atas dukungan WCO untuk Indonesia sebagai tuan rumah bersama konferensi TI WCO di Bali pada 2020. 

Selain itu, WCO juga mendukung Indonesia untuk menjadi wakil ketua WCO Asia Pasifik periode 2020-2022.

BACA JUGA: Bea Cukai dan Pajak Kepulauan Riau Bentuk Tim Joint Program untuk Meningkatkan Penerimaan

Dalam pertemuan itu, delegasi Indonesia juga memberikan beberapa rekomendasi untuk membentuk kelompok penelitian bersama baru guna memfasilitasi diskusi dan bertukar pandangan di antara anggota tentang barang-barang digital lintas batas khususnya untuk transaksi e-commerce.

Nantinya kelompok kerja itu dapat bersinergi dengan organisasi internasional lainnya seperti WTO dan UNCTAD.

Hal itu untuk meneliti dan memperdalam beberapa masalah seperti fasilitasi perdagangan, aspek keamanan data, penyediaan data statistik perdagangan dan kepastian dalam hal pengenaan cukai/pajak dalam e-commerce.

Beberapa hal lain yang juga disampaikan dalam pertemuan ini antara lain perlunya peluang kerja sama yang konkret antara Indonesia dan WCO.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi dan Duta Besar Belgia Yuri Thamrin melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal World Customs Organization (WCO) di markas WCO di Brussels, Belgia, Kam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News