Menkeu Sri Mulyani Terbang Ke Amerika, Bertemu World Bank, Ada Apa?

Menkeu Sri Mulyani Terbang Ke Amerika, Bertemu World Bank, Ada Apa?
Menkeu Sri Mulyani Indrawati bakal bertemu Managing Director World Bank Mari Elka Pangestu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bakal bertemu Managing Director Bank Dunia Mari Elka Pangestu untuk membahas dukungan World Bank terhadap transisi energi dan Presidensi G20 Indonesia.

Hal itu merupakan awal rangkaian agenda Presidensi G20 Indonesia untuk pertemuan tingkat Menteri Keuangan.

Sedianya Menkeu Sri Mulyani akan menghadiri Pertemuan Musim Semi IMF-Bank Dunia Tahun 2022 atau IMF-WBG Spring Meetings untuk membahas berbagai isu terkait Presidensi G20 Indonesia hingga transisi energi.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Keuangan yang diterima di Jakarta, Selasa, pertemuan ini berlangsung mulai 18-23 April 2022 di Washington D.C., Amerika Serikat.

Pemerintah Indonesia saat ini sedang melakukan Energy Transition Mechanism (ETM) untuk mengurangi emisi CO2 melalui penghentian bertahap pembangkit listrik tenaga batu bara dan mengembangkan energi alternatif terbarukan.

World Bank berkomitmen memberi dukungan atas upaya Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan agenda ETM serta mendukung Presidensi G20 Indonesia melalui Side Event dengan tema Country Platform.

Selain itu, Sri Mulyani juga bertemu dengan Menteri Keuangan Afrika Selatan Enoch Godongwana membahas mengenai perkembangan ekonomi global serta upaya antisipasi dampak kenaikan inflasi dan harga komoditas dunia.

Afrika turut membahas isu kesehatan global, terutama terkait mekanisme pendanaan baru untuk mengatasi pandemi di masa yang akan datang.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati bakal bertemu Managing Director World Bank Mari Elka Pangestu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News