Menko Airlangga Bocorkan Bisnis Kekinian Alirkan Cuan

Menko Airlangga Bocorkan Bisnis Kekinian Alirkan Cuan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bisnis makanan dan minumuman sangat menjanjikan.

Menurut Airlangga, pesatnya subsektor makanan dan minuman itu tak lepas dari peran usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terus mengembangkan inovasi kekinian.

"Banyak lahirnya usaha minuman kekinian yang diolah menggunakan bahan baku, seperti teh, kopi, dan kakao," ujar Airlangga, Selasa (22/3).

Dia menjelaskan tingginya produksi teh, kopi, dan kakao di Indonesia serta momentum pemulihan ekonomi, menjadi peluang bagi para entrepreneur UMKM untuk menggali cuan di sektor tersebut.

Selain itu, UMKM telah berperan mendorong peningkatan investasi dan ekspor nasional.

Terbukti investasi di sektor UMKM mencapai 60 persen dari total penanaman modal nasional.

Mantan Menteri Perindustrian itu mengatakan selama 2021, kinerja industri makanan dan minuman mengalami pertumbuhan positif sebesar 2,54 persen (yoy).

Catatan itu lebih bagus dari tahun sebelumnya yang masih di angka 1,58 persen dan lebih baik dari beberapa sektor industri lain.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bisnis makanan dan minumuman sangat menjanjikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News