Menko Airlangga Ingin Indonesia Bisa Swasembada Kendaraan Bermotor dan Teknologinya

Menko Airlangga Ingin Indonesia Bisa Swasembada Kendaraan Bermotor dan Teknologinya
Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah tengah mempercepat pembangunan infrastruktur energi baru terbarukan (EBT) dan pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik atau Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBL-BB), sebagai bentuk komitmen mengatasi masalah perubahan iklim.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, komitmen kebijakan pengembangan KBL-BB dilakukan dengan cara mengeluarkan peta jalan industri otomotif nasional dan peta jalan pengembangan industri KBL-BB.

"Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2021, tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 tentang PPnBM Kendaraan Bermotor di mana di dalamnya diatur tentang pengenaan tarif PPnBM, yang dikenakan berdasarkan tingkat emisi karbon kendaraan bermotor," kata Airlangga saat Pembukaan Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kamis (11/11).

Event yang tahun ini mengusung tema Wheels to Move diharapkan bisa menjadi wadah untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia.

Khususnya mendukung kebangkitan ekonomi pascapandemi dan menjadi ajang dalam mendukung penurunan emisi karbon pada kendaraan bermotor.

Selain itu, Airlangga juga mengharapkan Indonesia bisa swasembada kendaraan bermotor dan teknologinya melalui meningkatkan kualitas produk yang diproduksi dalam negeri.

Dampak pandemi covid-19, kinerja penjualan produk industri otomotif sempat terkena imbas.

Namun, pada Maret hingga September 2021 kinerja penjualan mobil terus menguat ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Pemerintah tengah mempercepat pembangunan infrastruktur energi baru terbarukan (EBT) dan pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik atau Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBL-BB).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News