Menko Airlangga Monitoring Penanganan Covid di Sulteng

Menko Airlangga Monitoring Penanganan Covid di Sulteng
Ilustrasi - Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, SULTENG - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan monitoring dan evaluasi penanganan pandemi Covid-19 di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (27/8).

Airlangga mengapresiasi program Kampung Tangguh yang terletak di RT 02 RW 04, Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu karena telah berhasil menihilkan kasus aktif Covid-19, sejak Juni 2020.

Kampung Tangguh ini memiliki Posko PPKM Mikro serta Posko Induk Kelompok Informasi Masyarakat, yang didukung juga dengan adanya Duta Covid-19, yang berperan untuk mengedukasi masyarakat agar taat protokol kesehatan, menjelaskan perihal vaksin, juga mendukung pelaksanaan 3T di tengah masyarakat.

“Saya mengapresiasi upaya yang diakukan Kampung Tangguh ini. Harapannya bisa menjadi contoh untuk kampung-kampung lainnya,” ujar Airlangga.

Kampung Tangguh merupakan salah satu inovasi yang digagas untuk menciptakan partisipasi masyarakat yang mampu bergotong-royong dalam penanganan Covid-19.

Hal ini sesuai dengan anjuran WHO yang merekomendasikan agar penanganan Covid-19 harus dapat melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Kampung Tangguh dapat berbasis RT, RW, Kelurahan, maupun Desa.

Kampung Tangguh di Kota Palu ini juga memiliki lebih dari 30 Usaha Mikro Kecil (UMK) milik warga yang menyediakan berbagai macam kebutuhan, mulai dari pakaian, makanan, minuman, dan lainnya untuk terus menggerakkan perekonomian warga.

Adanya UMK ini diharapkan dapat membangun masyarakat yang mandiri dan mampu bertahan dari dampak pandemi Covid-19.

Menko Airlangga berdialog langsung dari jarak jauh dengan para pasien untuk menyemangati mereka sekaligus memberikan bantuan berupa paket sembako kepada para pasien.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News