Menko Airlangga: Pemerintah Mendorong Pengembangan Desa Wisata

Menko Airlangga: Pemerintah Mendorong Pengembangan Desa Wisata
Menko Airlangga Hartarto. Foto dok Kemenko

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pengembangan desa wisata merupakan salah satu bentuk percepatan pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

Airlangga menjelaskan pemerintah mengembangkan desa wisata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan.

"Karena itu, tiap daerah dan desa perlu mencermati potensi yang dimilikinya untuk diangkat dan dikembangkan agar memberikan nilai tambah manfaat serta menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," ujar Airlangga dalam sambutannya mewakili Presiden RI pada acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Selasa (7/12).

Sektor pariwisata merupakan salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, perjalanan wisatawan nusantara, peningkatan penerimaan devisa dari sektor pariwisata, penyerapan tenaga kerja pariwisata, dan kenaikan indeks daya saing pariwisata Indonesia di ranah global.

"Saya juga mendorong agar pengembangan desa wisata untuk terus disinergikan dengan upaya pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas termasuk 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) sehingga dapat semakin memperluas manfaat ekonomi pengembangan destinasi pariwisata bagi masyarakat lokal," ujar  Airlangga.

Pemerintah mencatat, ada sebanyak 1.831 desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, yang telah berpartisipasi mendaftar dan menjadi peserta pada ajang ADWI 2021.

Dari jumlah tersebut, tersaring 50 besar desa wisata terbaik yang meraih penghargaan pada malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, dalam mewujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan.

Airlangga berharap acara ADWI bisa menjadi wahana promosi potensi desa wisata di Indonesia bagi wisatawan domestik dan mancannegara, serta bisa memotivasi Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia untuk mengembangkan desa-desa wisata baru sebagai pengungkit perekonomian desa dan daerah.

Sektor pariwisata merupakan salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, perjalanan wisatawan nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News