Menko Airlangga: Pemulihan Ekonomi Indonesia Sudah Berada di Jalur yang Tepat

Menko Airlangga: Pemulihan Ekonomi Indonesia Sudah Berada di Jalur yang Tepat
Presiden Jokowi berbincang dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Negara beberapa waktu lalu. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan pulih pada 2021, tumbuh di kisaran 4,5 persen hingga 5,3 persen.

Hal ini sejalan dengan pemulihan perekonomian global yang diperkirakan akan tumbuh di rentang 4,0 hingga 5,5 persen pada tahun ini.

Perkembangan kasus Covid-19 pun menunjukkan penanganan pemerintah terhadap pandemi semakin baik.

Ini tercermin dari tren angka kesembuhan yang meningkat hingga 85,88 persen dan tren angka kematian yang terus menurun hingga 2,71 persen.

“Pemerintah melalui berbagai kebijakan terus mengupayakan agar laju penyebaran virus bisa ditekan, sehingga kesehatan dan perekonomian kita dapat pulih kembali,” ujar Airlangga Hartarto dalam acara MNC Group Investor Forum 2021, yang digelar secara daring pada Selasa (2/3).

Airlangga menerangkan, perekonomian Indonesia yang didominasi oleh konsumsi domestik menunjukkan tren yang meningkat.

Aktivitas manufaktur masih berada pada level ekspansif 50,9 pada Februari 2021, sementara indeks kepercayaan konsumen juga terus membaik.

Selain itu, permintaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) terus meningkat.

Menko Airlangga menerangkan, perekonomian Indonesia yang didominasi oleh konsumsi domestik menunjukkan tren yang meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News