Menko Luhut dan Menteri Siti Pimpin 10 Ribu Orang Bersihkan Pantai Labuan Bajo

Menko Luhut dan Menteri Siti Pimpin 10 Ribu Orang Bersihkan Pantai Labuan Bajo
Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan dalam rangkaian acara HPSN 2020 di Labuan Bajo, NTT. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, memimpin aksi bersih pantai di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, yang diikuti lebih dari 10.000 peserta, Jumat (6/3).

Aksi bersih pantai ini merupakan rangkaian dari Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), yang dilangsungkan sejak 1 Februari hingga Agustus 2020.

Secara nasional HPSN difokuskan pada lima destinasi pariwisata superprioritas, yaitu Labuan Bajo, Mandalika, Borobudur, Danau Toba, dan Likupang.

Ribuan peserta yang mengikuti aksi bersih pantai berasal dari unsur pemerintah pusat, Pemda, UPT dan unit kerja KLHK, TNI, Polri, Ibu PKK, generasi muda milenial, komunitas lingkungan, pelajar, pramuka, LSM, operator wisata selam, wisatawan, nelayan, dan masyarakat.

"Pengelolaan sampah yang baik memerlukan peran aktif dari Pemda. Kita harus perangi sampah bersama. Sampah adalah musuh besar dan musuh masa depan bangsa karena jika tidak diperangi, maka dampaknya akan dirasakan anak cucu kita kelak," pesan Menko Luhut.

Sementara itu Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan HPSN 2020 menandai era baru pengelolaan sampah di Indonesia yang dilakukan secara terpadu dari hulu ke hilir.

"Selama 2015-2019 sudah dikeluarkan berbagai kebijakan penanganan sampah. Ini memacu lebih baik keterlibatan masyarakat," kata Menteri Siti Nurbaya.

Dukungan partisipasi publik yang tinggi ditandai dengan semakin meningkatnya kelompok masyarakat terlibat dalam agenda-agenda Hari Peduli Sampah.

HPSN 2020 menandai era baru pengelolaan sampah di Indonesia yang dilakukan secara terpadu dari hulu ke hilir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News