Menko Luhut: Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia Sangat Pesat

Menko Luhut: Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia Sangat Pesat
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BALI - Menteri Koordinator Maritim dan dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Pemerintah mendukung penuh pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Luhut dalam diskusi bertajuk Enunciating New Indonesia Homeground Unicorns, yang merupakan bagian dari NXC International Summit 2022, ajang pertemuan antara perusahaan rintisan (Startups) dan perusahaan modal ventura (Venture Capital).

“Ekonomi digital Indonesia tumbuh pesat dan menjadi penopang perekonomian dalam negeri akibat dampak pandemi. Ekonomi digital memiliki peran penting dalam mencapai visi menjadi negara maju pada 2045,” kata Luhut di Bali.

Luhut menambahkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sangat pesat jika dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara.

Nilai ekonomi digital Indonesia pada 2021 mencapai USD70 miliar dan diprediksi tumbuh dua kali lipat pada 2025.

“Untuk para startup, Pemerintah berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, khususnya untuk mencapai lebih banyak unicorn. Selain itu Pemerintah tidak hanya akan bertindak sebagai regulator, namun juga fasilitator bahkan akselerator,” tegas Luhut.

Dalam sesi tersebut, hadir lima perwakilan unicorn Indonesia di antaranya, CEO Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, COO Xendit, Tessa Wijaya, CEO J&T Express, Robin Lo.

Kemudian CEO & Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto, CEO tiket.com, George Hendrata dan dimoderasi oleh Rudiantara, Chairman Nexticorn, sekaligus Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia 2014-2019.

Menko Luhut menambahkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sangat pesat jika dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News