Menko Muhadjir Naik Motor dengan Kang Emil ke Lokasi Gempa Cianjur, Bantuan Mengalir 

Menko Muhadjir Naik Motor dengan Kang Emil ke Lokasi Gempa Cianjur, Bantuan Mengalir 
Menko Muhadjir motoran dengan Kang Emil ke lokasi terdampak gempa Cianjur. Foto Humas Kemenko PMK

jpnn.com, CIANJUR - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendatangi.lokasi terdampak bencana gempa Cianjur. Dia datang bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil.

Menko Muhadjir menyatakan pemerintah telah bergerak cepat untuk menangani gempa bumi magnitudo 5,6 yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"BNPB telah menyuplai logistik dan kebutuhan dasar bagi para korban. Juga telah dibangun pokso utama di kantor bupati Cianjur," kata Menko Muhadjir, Selasa (22/11).

Kemudian, pemerintah provinsi telah mengalokasikan dana siap pakai (DSP) Rp 20 miliar, pemkab mengalokasikan Rp 5 miliar, dan BNPB sudah menyalurkan bantuan sementara sebesar Rp 500 juta, bantuan lain Rp 1,5 miliar. Lalu, dana elastisitas juga akan dialokasikan melalui BNPB.

"Dari pihak pemerintah sudah membuat langkah-langkah cepat, dari pemkab dan pemprov beserta jajarannya," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Menko Muhadjir mengucapkan  terima kasih kepada gubernur Jabar, bupati Cianjur, dan seluruh jajaran yang telah mengambil langkah cepat sehingga penanganannya tidak bertele-tele, tepat waktu dan bisa ditangani secara cepat.

Gempa yang terjadi pada Senin 21 November 2022 pukul 13.20 WIB tersebut berskala sedang, tetapi mengakibatkan daya rusak yang luar biasa. Karenanya, untuk penanganan tanggap bencana memprioritaskan korban akan dilakukan secara paralel dan mengutamakan semua korban, baik yang selamat, cedera, dan meninggal dunia.

"Kami prioritaskan menggali timbunan-timbunan yang diperkirakan ada korban hidup. Kami targetkan hari ini selesai. Mudah-mudahan masih bisa diselamatkan," ucapnya.

Menko Muhadjir naik motor dengan Kang Emil ke lokasi terdampak gempa Cianjur, bantuan pemerintah mengalir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News