Menko PMK: Dies Natalis FMIPA UI Ke-58 Momentum Baik

Menko PMK: Dies Natalis FMIPA UI Ke-58 Momentum Baik
Menko PMK Puan Maharani saat hadir di Dies Natalis FMIPA UI Ke-58. Foto: Humas KemenkoPMK

jpnn.com, DEPOK - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyampaikan Orasi Ilmiah pada Dies Natalis ke-58 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Indonesia (UI), Depok, Jabar.

Menurut Menko PMK, Indonesia terus melakukan percepatan kesiapan SDM, yang bisa menjadi penggerak ekonomi, industri, serta birokrasi yang berdaya saing dan modern.

"Membangun Indonesia ke depan membutuhkan SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebab, ke depan tantangan yang dihadapi oleh setiap bangsa-bangsa adalah persaingan global yang berbasiskan pada kemajuan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi,” tuturnya.

Menko PMK juga menyampaikan bahwa saat ini, sarjana di Indonesia baru berkontribusi 11% (atau 13 juta orang) dari 121 juta penduduk yang bekerja. Lebih dari 65%, adalah lulusan pendidikan menengah ke bawah.

Untuk memperkuat profil angkatan kerja Indonesia, menurut Menko PMK, pemerintah saat ini telah melakukan beberapa agenda strategis.

Antara lain pertama, memperluas penerima Bidikmisi (dari 199,5 ribu mahasiswa pada tahun 2014, menjadi 471,8 ribu mahasiswa pada tahun 2019).

Kedua, revitalisasi vokasional; Ketiga, penguatan Riset Nasional. Mulai tahun ini, pemerintah mulai mengalokasikan dana abadi penelitian, sebesar Rp 1 triliun.

Keempat, pengembangan manfaat dana LPDP untuk training-training.

FMIPA UI memiliki peran dan tanggung jawab yang strategis dalam ikut mempercepat ketersediaan SDM Indonesia yang modern dan berdaya saing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News