Menko PMK: Indonesia Targetkan Peringkat 8 Asian Games

Ratas Sukses Prestasi Bersama Wakil Presiden

Menko PMK: Indonesia Targetkan Peringkat 8 Asian Games
Menko PMK Puan Maharani (kiri depan), Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) dan Menpora Imam Nahrawi, di sela ratas 'Sukes Prestasi'. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, mengikuti rapat terbatas membahas persiapan 'Sukses Prestasi' para atlet dalam ajang Asian Games ke-18 di Jakarta dan Pelambang tahun 2018.

Ratas tersebut dihadiri oleh Ketua Pengarah Asian Games 2018, Wapres Jusuf Kalla, penanggung jawab Asian Games 2018 yang juga Menpora, Imam Nahrawi, para petinggi INASGOC selaku panitia Asian Games 2018, Ketua Satlak Prima, Achmad Soetjipto, Staf Khusus Menko PMK, Dolfie OFP, perwakilan dari Keasdepan bidang Keolahragaan Kemenko PMK serta perwakilan K/L dan badan usaha milik negara lainnya.

Dalam paparannya, Puan mengungkapkan sejumlah target prestasi yang harus diraih Indonesia selaku tuan rumah pesta olahraga se-Asia ini. "Mengingat potensi yang dimiliki dari atlet terpilih yang berjumlah 877 orang itu, Indonesia menargetkan capaian peringkat ke-8 hingga 10 pada Asian Games 2018 ini," ucap Puan.

Dengan target peringkat ini, Indonesia setidaknya harus mampu meraih medali emas antara 13 hingga 20 medali.

Para atlet yang sedang mempersiapkan diri, diminta mampu mengungguli para atlet lain yang sama-sama berasal dari kawasan Asia Tenggara. Mbak Puan juga berani menjamin para atlet terpilih itu dipastikan bebas doping.

Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang akan diikuti oleh 45 negara dan mempertandingkan 484 nomor dari 42 cabang olahraga. Venue cabang olahraga yang dipertandingkan akan mengambil lokasi di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat. Asian Games 2018 akan dihelat sesuai mekanisme empat sukses yaitu Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukses Administrasi, dan Sukses Ekonomi.

Sementara itu Wapres Jusuf Kalla mengatakan, semua pihak harus menyadari bahwa Asian Games ini adalah pesta bersama yang butuh kepedulian banyak pihak.

“Penyelenggaraan Asian Games 2018 ini akan digelar dengan cara yang sudah kita sepakati, yaitu tidak terlalu mewah. Dengan kebutuhan anggaran yang cukup besar, tentu kami juga akan minta keterlibatan pihak lain terutama swasta untuk menbantu. Yang terpenting adalah anggaran yang nanti digunakan bisa dipertanggungjawabkan dan transparan, jelas laporannya,” kata Wapres didampingi oleh Menko PMK dan Menpora.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, mengikuti rapat terbatas membahas persiapan 'Sukses Prestasi' para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News