Menko PMK: KIS jadi Kunci Utama Meratanya Kesejahteraan

Menko PMK: KIS jadi Kunci Utama Meratanya Kesejahteraan
Menko PMK, Puan Maharani saat kunjungan ke Palembang, Rabu (25/1). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani kembali menekankan pentingnya Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), dalam rapat arahan strategis nasional BPJS Kesehatan 2017 di Palembang, Rabu (25/1).

Program tersebut merupakan prioritas dalam mewujudkan pemerataan kesejahteraan. Nah, peran dan kinerja BPJS Kesehatan dalam mengelola kepesertaan, iuran, dan manfaat akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, khususnya dalam memenuhi pemenuhan kebutuhan dan jaminan kesehatan.

"Salah satu prioritas dalam melakukan pemerataan kesejahteraan tersebut adalah perluasan akses Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Terkait dengan agenda prioritas tersebut, BPJS Kesehatan memiliki peran yang sangat penting untuk ikut mewujudkannya. Oleh karena itu, saya memandang pertemuan ini memiliki nilai yang strategis untuk mensinergikan upaya kita bersama dalam mewujudkan pemerataan kesejahteraan,” kata Puan, saat memberi sambutan.

Menko PMK memberikan arahan dengan tema “Meningkatkan Kesinambungan Program JKN-KIS Menuju Cakupan Semesta melalui Keberlangsungan Finansial dan Kepuasan Peserta”. Rapat itu turut dihadiri antara lain Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Alex Noerdin, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris.

Mbak Puan mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor pada tanggal 4 Januari lalu, bahwa fokus program pemerintahan pada tahun 2017 adalah pemerataan kesejahteraan.

Dengan demikian, menurut Puan, rapat arahan strategis nasional BPJS Kesehatan Tahun 2017 ini merupakan kesempatan yang baik untuk menselaraskan strategi, program kerja, dan langkah strategis lainnya, yang akan dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan selama satu tahun ke depan.

“Saya harapkan seluruh Duta BPJS Kesehatan bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan optimal untuk memperkuat peran BPJS Kesehatan dalam Pemerataan Kesejahteraan,” ujarnya.

Menko PMK menyebutkan salah satu target prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 adalah mencapai universal health coverage (UHC) pada tahun 2019.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani kembali menekankan pentingnya Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News