Menko PMK Optimistis Pengujian Spesimen Virus Corona Lampaui 20 Ribu per Hari

Menko PMK Optimistis Pengujian Spesimen Virus Corona Lampaui 20 Ribu per Hari
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy optimistis permintaan Presiden Jokowi agar pengujian spesimen virus corona dengan metode polymerase chain reaction (PCR) mencapai 20 ribu per hari bisa tercapai. Untuk saat ini pengujian spesimen sudah mencapai lebih dari 10 ribu per hari.

"Insyaallah tercapai, karena saat ini saja sudah lebih dari 10 ribu per hari spesimen yang diperiksa. Bahkan untuk saat ini yang perlu disiapkan adalah untuk mencapai target 30 ribu per hari," kata Muhadjir di Jakarta, Sabtu (6/6).

Dia membeber data per 6 Mei sudah tercatat 13.333 tes yang bisa dilakukan. Sehingga target 20 ribu per hari bukan hal mustahil.

Percepatan pengujian spesimen menurut dia akan sukses dengan adanya relawan. Itu sebabnya, Kemendikbud, Kemenkes, dan Kemenristek harus bisa menggerakkan secara masif perekrutan relawan khususnya untuk tingkat S2 di bidang kesehatan masyarakat, keperawatan, dan mikrobiologi molekurel.

Selain itu, menurut Muhadjir, proses tracking perlu diperbanyak. Hal tersebut perlu dilakukan agar bisa lebih terdeteksi kasus-kasus dan penyebarannya.

Muhadjir juga meminta agar tim peneliti vaksin Covid-19 yang dibidangi oleh Kemenristek/BRIN terus dimotivasi dan didukung proses kerjanya agar bisa menghasilkan vaksin secara cepat demi kemandirian bangsa.

"Kalau kita bisa memotivasi mereka, mereka bisa bekerja dengan semangat dan syukur-syukur kalau kita bisa lebih duluan menemukan vaksin. Kalau kita gagal mempercepat penemuan vaksin pasar itu akan dijarah produsen luar negeri. Dan ini sangat bagus kalau kita hindari ruang itu," jelasnya.

Demi menyukseskan percepatan pengujian spesimen, Muhadjir meminta harga dari alat swab tes untuk uji spesimen perlu seragam dan harus murah. Karena itu Kementerian Perdagangan diminta membuat regulasi terkait hal itu.

Untuk saat ini pengujian spesimen virus Corona sudah mencapai lebih dari 10 ribu per hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News