Menko PMK: Sekolah Berbasis Agama Sangat Dibutuhkan

Menko PMK: Sekolah Berbasis Agama Sangat Dibutuhkan
Menko PMK Muhadjir Effendy mengingatkan semua pihak akan pentingnya peran lembaga pendidikan keagamaan dalam pembangunan Bangsa Indonesia. Foto: dok Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan semua pihak akan pentingnya peran lembaga pendidikan keagamaan dalam pembangunan Bangsa Indonesia.

Sebab, lembaga pendidikan keagamaan dengan pendidikan karakter adalah konteks yang penting untuk mengatasi tantangan krisis moral yang melanda masyarakat dunia termasuk di Indonesia saat ini.

Dia menerangkan, lembaga pendidikan keagamaan yang memiliki basis ketuhanan dan penanaman karakter yang kuat akan menciptakan SDM yang unggul, bermoral, dan berakhlak mulia.

Hal itu disampaikan Menko PMK saat membuka Konferensi Nasional Gereja dan Pendidikan 2023, "Kolaborasi Menuju Transformasi Sekolah Kristen", yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Kristen Indonesia, di BPK Penabur Internasional School Kelapa Gading, Jakarta, pada Selasa (25/7)

"Sekolah berbasis agama apa pun sangat dibutuhkan untuk pembangunan bangsa masa depan. Karena pasti lembaga pendidikan keagamaan itu pasti mengutamakan pendidikan karakter yang mutlak dilakukan lebih dahulu dari bahan pembelajaran lain," ujar Muhadjir.

Eks Mendikbud itu memaparkan pemerintah mendukung peningkatan kualitas pendidikan keagamaan agar menghasilkan peserta didik yang berkarakter dan beriman.

"Arah kebijakan pemerintah adalah mendukung peningkatan kualitas pendidikan keagamaan, salah satunya Pendidikan Kristen agar dapat menghasilkan peserta didik yang berkarakter dan beriman," jelasnya.

Menurutnya, dukungan pemerintah terhadap sekolah keagamaan swasta dengan sekolah yang dikelola pemerintah tidak membeda-bedakan. Keduanya sama mendapatkan bantuan operasional sekolah dari pemeirntah, juga mendapatkan bantuan berupa pembangunan sarana prasarana bila membutuhkan.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengingatkan semua pihak akan pentingnya peran lembaga pendidikan keagamaan dalam pembangunan Bangsa Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News