Ganjar Bangun Sekolah Gratis di Daerah Terpencil Untuk Mudahkan Akses Pendidikan

Ganjar Bangun Sekolah Gratis di Daerah Terpencil Untuk Mudahkan Akses Pendidikan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama sejumlah siswa dan siswi SMK. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, BANYUMAS - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan SMK Negeri 1 Lumbir yang berada di Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas.

SMK Negeri 1 Lumbir memiliki dua jurusan, yakni teknik jaringan komputer telekomunikasi dan teknik kendaraan ringan otomotif. Sekolah tersebut juga tidak memungut biaya apa pun alias gratis.

Ganjar mengatakan sekolah tersebut didirikan untuk memenuhi permintaan warga Lumbir yang masuk dalam remote area untuk memiliki sekolah sendiri.

Setelah pembangunan selama 1,5 tahun akhirnya SMK Negeri 1 Lumbir berhasil berdiri dan berhasil menjadi sekolah kebanggaan warga Lumbir.

"Ini satu proses yang cukup panjang dari harapan masyarakat adanya SMK di Kecamatan Lumbir ini karena saat itu tidak ada sekolah sama sekali. Ini hari kedua kita meresmikan kemarin di Banjarnegara, sekarang di Banyumas," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Kamis (27/7).

Ganjar terus memudahkan akses pendidikan untuk seluruh anak di Jawa Tengah, termasuk dengan mendirikan sekolah-sekolah baru di daerah yang belum memiliki atau kekurangan sekolah negeri.

Harapannya, anak-anak di daerah tersebut bisa mendapatkan pendidikan yang setara dan tidak lagi mengeluhkan akses sekolah yang terpaut jarak jauh.

"Harapan kita akses pendidikan anak-anak ini makin mudah dan dekat, sehingga ini bisa menyiapkan banyak anak-anak di pelosok desa bisa sekolah," jelas Ganjar.

"Sengaja ini juga tempatnya di tengah desa, sehingga kita harapkan ini menjadi tempat pertumbuhan baru dari ekonomi lokal juga sehingga anak-anak banyak datang ke sini, sekolah ke sini dan SDM bisa naik," lanjut Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sengaja membangun sekolah gratis di daerah terpencil untuk memudahkan akses pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News