Menkominfo Johnny Dorong Kesetaraan Gender dalam Sektor Kewirausahaan

Menkominfo Johnny Dorong Kesetaraan Gender dalam Sektor Kewirausahaan
Menkominfo mengungkapkan Indonesia memiliki tingkat partisipasi perempuan di bidang kewirausahaan tertinggi di Asia Tenggara. Foto: Humas Kemenkominfo.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan lebih banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berhasil beradaptasi selama pandemi Covid-19.

Keberhasilan tersebut, lanjut dia, tercapai karena peningkatan daya saing melalui proses digitalisasi, adaptasi digital, dan digital agility.

Johnny mengungkapkan tiga proses tersebut mengakibatkan nilai ekonomi digital Indonesia selama pandemi Covid-19 di tahun 2020 tumbuh sekitar 11 persen.

Pertumbuhan itu juga diikuti oleh peningkatan transaksi keuangan digital perbankan Indonesia sebesar 25 sampai 40 persen pada 2020.

"Kita patut bangga bahwa kemajuan tersebut tidak lepas dari peran perempuan sebagai pilar utama dalam pertumbuhan bisnis UMKM yang telah berkontribusi sebesar 60 persen dari total 58 juta UMKM di Indonesia," kata Johnny dalam webinar Perayaan Hari Kartini Women in Digital Entrepreneurship (WiDE): #RecoverTogether with Digital Entrepreneurship, Kamis (21/4).

Politikus partai NasDem itu mengungkapkan Indonesia memiliki tingkat partisipasi perempuan di bidang kewirausahaan tertinggi di Asia Tenggara berdasarkan laporan Advancing Women in Entrepreneurship 2020.

Meski begitu, Johnny menilai para pelaku wirausaha perempuan masih menghadapi tantangan berupa kurangnya jaringan bisnis dan keterampilan pemasaran.

"Survei ini (Google 2020, red) mengungkapkan fakta bahwa 8 dari 10 perempuan yang sudah atau baru ingin berwirausaha di Indonesia, berkeinginan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam berbisnis," ujar mantan legislator itu.

Menkominfo mengungkapkan Indonesia memiliki tingkat partisipasi perempuan di bidang kewirausahaan tertinggi di Asia Tenggara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News