Menkominfo Johnny Plate Tegaskan Tidak Boleh Ada Ruang Bagi Penista Agama

Menkominfo Johnny Plate Tegaskan Tidak Boleh Ada Ruang Bagi Penista Agama
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, Rabu (22/9). (ANTARA/Tangkapan layar)

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate mengatakan bahwa tidak ada tempat bagi penista agama maupun aksi penistaan agama apa pun di Indonesia. 

Johnny Gerard Plate menegaskan itu saat menjawab pertanyaan salah satu anggota Komisi I DPR dalam rapat pembahasan rencana kerja dan anggaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Rabu (22/9). 

"Tidak boleh ada ruang dan tempat untuk penista agama apa pun di Indonesia, oleh siapa pun," kata Johnny Gerard Plate.

 Dia menyatakan sudah ada 150 konten buatan pelaku yang ditindak, dari total 211 yang diajukan.

"Semua kami tindak, tetapi tidak bisa serta-merta karena beberapa masih dalam tahap penelitian," ungkapnya.

Dia menuturkan dalam menghapus konten, Kemenkominfo berkoordinasi dengan penyelenggara platform digital. 

Konten tidak bisa langsung dihapus begitu saja karena seringkali platform media sosial harus berkonsultasi dengan penasihat di Indonesia sebelum mengambil keputusan.

"Kami imbau kepada penasihat atau konsultan platform digital yang berada di Indonesia untuk mengambil langkah cepat dalam memberikan rekomendasi kepada platform sehingga penurunan konten bisa lebih cepat," kata Johnny.

Menkominfo Johnny Gerard Plate menegaskan tidak boleh ada ruang dan tempat untuk penista agama apa pun di Indonesia, oleh siapa pun. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News