Menkominfo Saja Pakai Nomor AS, Bagaimana Rakyat Mau Percaya Keamanan Data Dalam Negeri?

Menkominfo Saja Pakai Nomor AS, Bagaimana Rakyat Mau Percaya Keamanan Data Dalam Negeri?
Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon menyindir Menkominfo Johnny G Plate yang mengganti nomor ponsel setelah ramai isu data pribadi sejumlah tokoh dibobol oleh peretas Bjorka. Ilustrasi Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon menyindir Menkominfo Johnny G Plate yang mengganti nomor ponsel setelah ramai isu data pribadi sejumlah tokoh dibobol oleh peretas Bjorka.

"Menkominfo saja saya lihat, kan, saya ada nomornya, ganti nomor," kata Waketum Gerindra itu ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/9).

Adapun, Fadli mendengar informasi Plate mengganti nomor yang diawali 1 atau kode telepon dari Amerika Serikat.

Menurut Fadli, langkah Plate yang memakai nomor ponsel dari Amerika Serikat menandakan pejabat negara saja tidak percaya diri dengan penyedia layanan komunikasi dalam negeri.

"Kan, artinya tidak ada kepecayaan juga kalau pakai 62, kan," ujar Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) itu.

Dia mengatakan rakyat bertanya-tanya setelah para pejabat malah memakai nomor ponsel dari Amerika Serikat ketimbang produk dalam negeri.

"Ini kalau Kominfo saja pakai nomor Amerika bagaimana rakyat? Kan, tidak ada kepercayaan terhadap nomor kita yang ada di dalam negeri," tutur Fadli.

Sebelumnya, peretas Bjorka mengeklaim sudah membocorkan data milik Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua DPR Puan Maharani, hingga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Fadli Zon mengatakan rakyat menjadi tanda tanya setelah para pejabat malah memakai nomor ponsel dari Amerika Serikat ketimbang produk dalam negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News