Menkominfo Sebut Candi Adalah Bukti Ketahanan Indonesia Menghadapi Tantangan Zaman

Menkominfo Sebut Candi Adalah Bukti Ketahanan Indonesia Menghadapi Tantangan Zaman
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan keberadaan candi di Indonesia bukan hanya warisan karya budaya semata. Foto: Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan keberadaan candi di Indonesia bukan hanya warisan karya budaya semata.

Namun, candi adalah menjadi bukti ketahanan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan zaman.

“Banyaknya candi-candi di Indonesia bukan hanya pemandangan untuk dilihat tetapi juga memiliki sejarah besar di balik setiap pembangunan dan pemugaran berkelanjutan,” ungkap Menkominfo dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Jumat (20/5).

Menkominfo menjelaskan Candi Prambanan dibangun pada masa pemerintahan Raja Rakai Pikatan, raja Kerajaan Medang, sekitar 830 Masehi.

Menurut dia, penerus Raja Rakai Pikatan terus membangun dan mengembangkan kompleks di sekitar candi Prambanan.

“Namun, seiring berjalannya waktu, konflik dan bencana melanda, yang menyebabkan candi itu ditinggalkan sekitar abad ke-10 Masehi. Bencana tersebut berupa letusan gunung berapi dan gempa bumi yang sering terjadi, bencana yang berdampak signifikan terhadap daratan. Meski begitu, kuil megah ini bertahan,” tutur Johnny.

Sejak ditemukan kembali pada awal 1700-an. candi Prambanan terus-menerus menghadapi tantangan.

Dia mengatakan berbagai upaya restorasi telah dilakukan oleh pemerintah, masyarakat setempat, dan berbagai lembaga.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan keberadaan candi di Indonesia bukan hanya warisan karya budaya semata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News