Menkop UKM Launching Platform e-Brochure Smesco dan Sekolah Ekspor

Menkop UKM Launching Platform e-Brochure Smesco dan Sekolah Ekspor
Peluncuran aplikasi digital e-Brochure Smesco dan Sekolah Ekspor oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Kemenkop

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara resmi meluncurkan aplikasi digital e-Brochure Smesco dan Sekolah Ekspor, di Jakarta, Rabu (19/8).

Platform e-Brochure Smesco merupakan platform yang membantu pelaku bisnis UMKM dalam mempromosikan dan memasarkan produknya secara digital.

Platform ini tidak hanya menampilkan produk-produk unggulan KUMKM seluruh Indonesia, tetapi juga menyediakan feature yang memudahkan terjadinya transaksi jual beli secara langsung antara pelaku UMKM sebagai penjual dengan masyarakat yang menjadi target pasarnya.

"Digitalisasi e-Brochure untuk memperluas akses pasar bagi produk UMKM," Menkop Teten dalam sambutannya.

Menurut Teten, aplikasi e-Brochure jauh lebih simpel dan mudah diaplikasikan, termasuk untuk kalangan orangtua.

"Tidak semua pelaku UMKM bisa dan mampu berjualan di marketplace. Melalui e-Brochure, bisa dijadikan sebagai ajang latihan untuk masuk ke ekosistem digital," jelas Teten.

Sedangkan Sekolah Ekspor adalah wadah atau sarana pelatihan bagi UMKM, terutama usaha kecil, untuk memahami seluk-belum cara mengekspor produknya.

Sekolah Ekspor yang juga merupakan salah satu bentuk langkah konkrit untuk menggairahkan UKM dan UKM Kampus untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan ekspor, khususnya produk KUKM.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara resmi meluncurkan aplikasi digital e-Brochure Smesco dan Sekolah Ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News