Menkumham Sebut Isu PKI Bangkit Ibarat Mimpi di Siang Bolong

Menkumham Sebut Isu PKI Bangkit Ibarat Mimpi di Siang Bolong
Yasonna H Laoly. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menyatakan bahwa isu Partai Komunis Indonesia (PKI) bangkit lagi ibarat mimpin di siang bolong. Sebab, komunis sudah rontok.

Yasonna menyatakan itu di kompleks Istana Negara Jakarta, Selasa (19/9), saat dimintai tanggapan tentang isu PKI yang selalu muncul menjelang 30 September.

"Isu PKI itu kan mimpi di siang bolong. Untuk apa itu dibangkit-bangkitkan hantu yang sudah mati? Lihat saja di dunia ini. Mana ada lagi yang dikatakan PKI," ucap Yasonna.

Menurutnya, sesuai TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/ 1966 maka PKI menjadi partai terlarang di seluruh Indonesia. Karena itu, isu kebangkitan PKI bukan hal yang perlu ditakuti.

"Itu sudah histori. Jangan dibuat menjadi permainan politik. Jadi rakyat sudah capek lah. Mari bekerja yang lebih positif. Banyak tugas-tugas yang lebih baik daripada menebar isu," tegas politikus PDI Perjuangan itu.

Soal rencana penayangan film Pengkhianatan G 30 S/PKI di seluruh kodim dan koramil, Yasonna mempersilakan masyarakat untuk menilainya. Apalagi ada perbedaan pendapat terkait rencana itu.

"Kita tunggu saja. Kan ada perbedaan-perbedaan pendapat. Kita lihat saja seperti apa. Saya kira masyarakat sudah dewasa melihat sejarah. Sudah sangat dewasa melihat fakta-fakta yang ada," tambah Yasonna.(fat/jpnn)

 


Menkumham Yasonna H Laoly menyatakan bahwa PKI sudah menjadi partai terlarang di Indonesia. Dia justru curiga ada yang menggunakan isu itu untuk politik.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News