Menlu Retno Marsudi Tegaskan Sikap Indonesia Soal Israel dan Palestina

Menlu Retno Marsudi Tegaskan Sikap Indonesia Soal Israel dan Palestina
Retno Marsudi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan pemerintah Indonesia tidak memiliki rencana membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Penegasan itu diungkapkan Retno menyusul kabar pada akhir 2020 yang menyatakan Indonesia akan membuka hubungan dengan Israel.

"Di pengujung 2020, santer terdengar berita seolah Indonesia akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Saya ingin menyampaikan kembali, hingga saat ini, tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel," kata Retno dalam acara Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri yang disiarkan akun Youtube MoFa Indonesia, Rabu (6/1).

Menurut Retno, sikap Indonesia masih sama yakni mendukung kemerdekaan Palestina.

Negara tersebut, selama ini terus bersitegang dengan Israel terkait klaim wilayah.

"Indonesia akan terus memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina, berdasarkan two state solutions dan berdasar parameter internasional yang telah disepakati," ucap Retno.

Bu Menteri kelahiran Semarang 27 November 1962 itu melanjutkan, penegasan Indonesia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel diperkuat pula dengan sikap Presiden Jokowi.

Melalui sambungan telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada 16 Desember 2020, Jokowi menegaskan Indonesia akan terus mendukung kemerdekaan Palestina.

Retno Marsudi menegaskan kembali sikap Indonesia ini dalam pernyataan akhir tahun kemenlu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News