Menlu Singapura Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi di Batam

Menlu Singapura Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi di Batam
Vivian Balakrishnan. Foto: todayonline

jpnn.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura, Vivian Balakrishnan, memastikan Singapura berkomitmen memperkuat hubungan bilateral di bidang ekonomi dengan Indonesia, khususnya di Batam.

"Batam, Bintan, dan Karimun sangat penting untuk Singapura karena lokasinya yang luas dan strategis. Sehingga sangat efektif sebagai destinasi untuk investor dari luar negeri," kata Vivian setelah membuka pameran foto Singapore-Kepri Photo Exhibition di Megamall, Batamcentre, Rabu (30/8).

Pameran ini digelar dengan tujuan untuk memperingati resepsi hari nasional Singapura sekaligus memperingati 50 tahun hubungan diplomatik antara Singapura dan Indonesia.

Menurut Vivian, pertumbuhan ekonomi dunia bergerak secara dinamis. Kompetisi semakin ketat. Makanya diperlukan peningkatan kerjasama supaya kedua negara tetap berada pada jalur yang kompetitif. "Kita harus padukan produk dan teknologi supaya tetap relevan," imbuhnya.

Salah satu opsi baru yang akan dikembangkan lewat kerjasama investasi adalah pengembangan industri digital di Batam. Singapura saat ini tengah berupaya untuk meningkatkan konektivitas jaringan internet menuju Indonesia.

Pada pertemuan bertajuk Singapore-Indonesia Leaders' Retreat pada 7 September nanti di Singapura, pengembangan industri digital menjadi topik yang akan dibicarakan Presiden Jokowi dan PM Singapura, Lee Hsien Loong.

"Ini satu kesempatan baru memperbaharui ekonomi digital di Batam. Jika bisa dikembangkan, maka Batam akan semakin menarik untuk investasi digital. Tapi tentu saja Batam harus memiliki tenaga kerja yang berkompeten terlebih dahulu," paparnya.

Selain mengembangkan industri digital, Singapura juga meningkatkan status Konsulat Republik Singapura di Medan dan di Batam menjadi Konsulat Jenderal Republik Singapura pada Selasa (29/8) dan Rabu (30/8).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura, Vivian Balakrishnan, memastikan Singapura berkomitmen memperkuat hubungan bilateral di bidang ekonomi dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News