MenPAN Janjikan Tiga Polda Ini Segera Naik Jadi Tipe A

MenPAN Janjikan Tiga Polda Ini Segera Naik Jadi Tipe A
MenPAN Janjikan Tiga Polda Ini Segera Naik Jadi Tipe A

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur beserta jajarannya menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (18/8). 

Agenda pertemuan salah satunya adalah membahas kesiapan tiga Polda untuk ditingkatkan statusnya menjadi tipe A. Dalam hal ini, Tito mengajukan kepada Kemenpan RB untuk meningkatkan tiga Polda, yakni Lampung, Riau, dan Kepulauan Riau yang bertipe B menjadi tipe A.

"Kami mengusulkan tiga lagi polda baru yang naik tipologinya.‎ Ada juga beberapa Polres yang naik tipologinya. Kemudian juga beliau komit untuk membantu kepolisian memperbaiki kinerja termasuk reformasi birokrasi kepolisian, zona integritas, dan sebagainya," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta.

Tito menilai, tiga Polda tersebut sudah pantas ditingkatkan menjadi tipe A lantaran kompleksitas daerahnya. Seperti angka penduduk yang bertambah, tingkat kriminal, dan pelayanan yang harus membaik.

‎"Kami harapkan dukungan Kemenpan RB. Polri nanti akan lebih baik terutama dalam menjalankan tugas pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat," ujar bekas Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini.

Sementara itu, Menpan RB, Asman mengatakan, untuk tiga Polda tersebut, pihaknya akan mengupayakan peningkatan menjadi tipe A secepatnya. "Target tiga minggu," tegasnya.

Menurutnya, peningkatan dalam internal dan birokrasi Polri, merupakan agenda prioritas Presiden Joko Widodo. "Kami konsen kepada pelayanan publik ini dipesan khusus presiden pada kami. Kami tingkatan pada unit terkecil di Polri, menjadi model untuk contoh kementerian yang lain," jelas Asman.

Dengan peningkatan tipelogi, Asman juga berharap tiga Polda tersebut menaikkan kualitas pelayanan.‎ "Misalnya perpanjangan STNK , samsat di berbagai daerah tidak perlu ngantri lagi tiga menit sudah dapat baru," tandas Asman. (Mg4/jpnn)


JAKARTA - Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur beserta jajarannya menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News