MenPAN-RB: Auditor Harus Mengembangkan Diri Agar Berkelas Dunia

MenPAN-RB: Auditor Harus Mengembangkan Diri Agar Berkelas Dunia
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi. FOTO: DOk.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Aparat pengawas internal pemerintah (APIP) memiliki peran penting dalam membangun tata kelola pemerintah. Karena itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi meminta APIP mengembangkan dirinya sehingga menjadi auditor berkelas dunia.

“Auditor internal dan aparatur sipil harus memiliki wawasan memadai, pemahaman dan kesadaran yang sama untuk melihat ada persoalan-persoalan yang ada di bangsa ini. Kita harus sama-sama membangun tata kelola pemerintahan yang benar-benar bersih, akuntabel, transparan dan memberikan pelayanan publik dengan sebaik-baiknya,” tegas Yuddy, Kamis (22/10).

Yuddy menjelaskan peran auditor internal, misalnya terkait masalah ekonomi. Menurutnya, auditor memiliki peran dalam memulihkan kondisi ekonomi Indonesia tanpa harus menyalahgunakan wewenang.

Terkait masalah korupsi, menurut Yuddy, auditor internal perlu melakukan tindakan preventif, independen, tidak takut pada tekanan pimpinan dalam melakukan pengawasan. Karena itu, kata Yuddy, ke depan auditor tidak hanya menjadi watchdog atau menjadi penjaga saja tapi tidak melakukan action (tindakan, red). 

“Auditor harus menjadi partner pemerintah, dia juga harus memberikan ide-ide untuk peningkatan kinerja pemerintahan untuk menuju sistem pemerintahan yang clean and good government,” ucap Yuddy.(esy/jpnn)


JAKARTA – Aparat pengawas internal pemerintah (APIP) memiliki peran penting dalam membangun tata kelola pemerintah. Karena itu, Menteri Pendayagunaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News