MenPAN-RB: Ikut Tes CPNS Nggak Usah Pakai Jimat

MenPAN-RB: Ikut Tes CPNS Nggak Usah Pakai Jimat
Tes CPNS sistem CAT. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur optimistis seleksi CPNS dengan Computer Assisted Test (CAT) bisa menyaring putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain menutup perbuatan curang, hasilnya juga bisa langsung diketahui.

"Tidak satu pun peserta tes CPNS bisa lolos kecuali atas kemampuannya sendiri. Jika ada yang menjanjikan seseorang bisa masuk menjadi CPNS tanpa tes dipastikan penipuan," ujar Asman, Jumat (20/10).

Dia juga mengimbau kepada para peserta tes CPNS 2017 agar percaya dengan kemampuan masing masing. Jangan percaya kepada hal yang di luar logika seperti membawa jimat. Menteri Nasir menyesalkan adanya beberapa peserta yang ditemukan membawa jimat yang diyakini dapat memberi keberuntungan.

"Ikut tes CPNS nggak usah pakai jimat. Cukup dengan kepintaran dan doa saja," ucapnya.

Meskipun sudah bagus, tetapi pemerintah terus melakukan perbaikan dalam setiap pelaksanaan tes, guna menghadirkan seleksi yang lebih berkualitas. Hal tersebut terkait dengan Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) yang telah diselenggarakan pada kementerian Hukum dan HAM dan MA.

Seperti diketahui, hasil SKD Kementerian Hukum dan HAM njomplang antara daerah satu dengan daerah lain. Peserta SKD CPNS di DIY dan Jawa Tengah yang lolos passing grade jauh lebih banyak dibanding daerah lain, terutama di luar Jawa.

Menurut Menteri, hal itu tak lepas dari kualitas pendidikan di daerah yang harus terus ditingkatkan. "Harus dicari solusinya, agar kualitas pendidikan tidak terlalu njomplang," imbuhnya.(esy/jpnn)


Para peserta tes CPNS 2017 agar percaya dengan kemampuan masing masing. Jangan percaya kepada hal yang di luar logika seperti membawa jimat.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News