Hingga Hari Ke-5 Tes CPNS Hanya 500 yang Lulus Passing Grade

Hingga Hari Ke-5 Tes CPNS Hanya 500 yang Lulus Passing Grade
Peserta tes CPNS menunggu giliran mengikuti SKD. Foto: Radar Tarakan/JPNN.com

jpnn.com, TANJUNG SELOR - Seleksi kompetensi dasar (SKD) tes CPNS Kaltara sudah memasuki hari kelima, kemarin (15/10).

Dari 2.900 peserta yang telah mengikuti SKD hingga 29 sesi itu, yang dinyatakan lulus passing grade hanya sekira 500 peserta. Sementara sisanya dinyatakan gugur dan tidak hadir tanpa keterangan.

Mayoritas peserta SKD gugur di tes intelegensi umum (TIU) dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Menurut beberapa peserta, soal TIU dan TWK cukup sulit karena apa yang sudah dipelajari sebelumnya tidak keluar di soal yang diujikan.

Salah seorang peserta yang enggan disebutkan namanya mengaku, dirinya tidak lulus di TIU karena agak sulit menjawab soal hitung-hitungan yang menggunakan rumus yang sama sekali tidak dipelajarinnya sebelum ujian.

“Nilai saya (TIU) hanya 55 poin. Kalau yang TWK dan TKP saya sudah lulus,” akunya saat ditemui usai tes pada sesi ketiga kemarin.

Lebih lanjut dikatakannya, dirinya masih penasaran, tapi tidak dapat dipungkiri jika dirinya memang tidak dapat menjawab beberapa soal yang ada.

Hal serupa juga diakui oleh peserta lain yang bernama Supian (25). Namun dirinya mengaku cukup puas dengan hasil yang ia dapatkan meskipun tidak lulus passing grade. “Saya tidak lulus di TIU, tapi tidak apa-apa,” sebutnya.

Mayoritas peserta SKD tes CPNS gugur di tes intelegensi umum (TIU) dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News