Menpar Arief Yahya Optimistis Sirkuit MotoGP Mandalika Siap Digunakan 2021

Menpar Arief Yahya Optimistis Sirkuit MotoGP Mandalika Siap Digunakan 2021
Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer saat Kunker di Mandalika, NTB, Kamis (10/10). Foto: Humas Kemenpar

jpnn.com, LOMBOK - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya optimistis sirkuit Mandalika, NTB, sebagai lokasi penyelenggaraan MotoGP akan rampung dan siap digunakan pada 2021.

Saat ini persiapan awal untuk ground working sudah 30 persen sementara untuk total seluruh komplek sirkuit jalanan baru 10 persen. Komplek MotoGP Mandalika ini direncanakan selesai pada 2021. Kita untuk pertama kali akan punya event MotoGP di Indonesia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat melakukan kunjungan kerja di Mandalika, NTB pada Kamis (10/10/2019).

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer menambahkan sirkuit Mandalika berkonsep street circuit dan sudah mendapatkan izin dari MotoGP difungsikan sebagai jalan biasa saat tidak digunakan untuk event balap. Sirkuit MotoGP Mandalika dibangun dengan konsep terintegrasi dan menjadi bagian dari distrik entertainment dan sport terpadu.

"Sebagai bagian dari distrik entertainment dan sport terpadu, kawasan di tengah sirkuit Mandalika akan digunakan sebagai destinasi pariwisata. Di kawasan tersebut akan dibangun glamping, commercial area, dan kondotel. Seperti yang sudah disampaikan Menpar, saat ini pembangunan baru 10 persen dari total keseluruhan komplek dan untuk sirkuit pada Desember 2019 ini akan mulai pengaspalan," ujar Abdulbar M. Mansoer.

Menpar Arief Yahya Optimistis Sirkuit MotoGP Mandalika Siap Digunakan 2021

Sirkuit MotoGP Mandalika direncanakan memiliki panjang 4,32 km, 19 tikungan, kapasitas area paddock mencapai 40 garasi, area grand stand berkapasitas 50.000 tempat duduk, area berdiri mencapai 138.000, dan hospitality suites berkapasitas 7.700 pengunjung.

Penyelenggaraan event MotoGP pada 2021 nanti, dinilai Menpar akan memberikan keuntungan bagi Indonesia, khususnya bagi sektor pariwisata.

"Diproyeksikan melalui event MotoGP, Indonesia dapat menarik 100.000 wisatawan untuk datang menonton. Perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu pengguna motor terbesar di dunia. Dengan kata lain, secara domestik penggemar MotoGP di dunia sudah besar, apalagi di dunia. Kita harapkan MotoGP mampu menjadi daya tarik utama bagi destinasi Mandalika," lanjut Menpar.

Menpar Arief Yahya optimistis sirkuit Mandalika, NTB sebagai lokasi penyelenggaraan MotoGP akan rampung dan siap digunakan pada 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News