JPNN.com

Hari Pers Nasional

Menpar Beber Capaian Pariwisata Indonesia di HPN 2019

Jumat, 08 Februari 2019 – 08:52 WIB
Menpar Beber Capaian Pariwisata Indonesia di HPN 2019 - JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mempresentasikan capaian pariwisata Indonesia saat Gala Dinner Hari Pers Nasional (HPN 2019) di Surabaya, Jawa Timur.

Gala Dinner yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berkat kerjasama Kementerian Pariwisata RI dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) ini dihadairi oleh berbagai perwakilan PWI dari berbagai daerah di Indonesia dan perwakilan negara-negara sahabat.

“Kami semua menyambut baik penyelenggaraan HPN 2019 ini. Event ini akan bagus untuk Surabaya," ujar Menpar Arief Yahya di sela-sela acara peluncuran buku 'Jurnalisme Ramah Pariwisata' di Hotel JW Marriot Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/2) malam.

Menurutnya, pada tahun 2020 mendatang, pariwisata akan menjadi penghasil devisa terbesar di Indonesia. Arief meyakini karena saat ini Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan pariwisata terbesar di Asia.

"Kami akan berusaha menjadikan pariwisata akan penghasil devisa terbesar di Indonesia. Mudah-mudahan itu benar-benar terwujud pada 2020," kata Menpar Arief Yahya.

Pria kelahiran Banyuwangi ini menilai, pariwisata menjadi sektor yang penting karena mampu menjadi motor penggerak ekonomi. Pasalnya, efek ekonomi dari sektor pariwisata bisa menetes hingga ke bawah.

Dia pun menunjukkan beberapa pencapaian Kemenpar selama dipimpinnya. Seperti terpilihnya Kemenpar Indonesia menjadi kementerian pariwisata terbaik di Asia Pasifik. Tak hanya itu, dia juga memaparkan bahwa pariwisata Indonesia berhasil mencapai pertumbuhan hingga 22 persen pada kurun Januari-Desember 2017.

"Saat ini sudah lebih tinggi dari pasar regional dan global yang pertumbuhannya hanya 7 persen. Kompetitor emosional kita adalah Malaysia, kompetitior profesional Thailand, dan pada 2017 dua-duanya berhasil kita kalahkan," kata Menpar Arief Yahya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo