Menperin Agus Gumiwang Dorong Pelaku IKM Kuasai Pasar e-Commerce

Menperin Agus Gumiwang Dorong Pelaku IKM Kuasai Pasar e-Commerce
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita .Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong pelaku industri kecil menengah (IKM) memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital.

Dia menilai transaksi e-commerce yang mencapai Rp 187,75 triliun sepanjang semester I-2021 merupakan peluang besar yang harus direbut pelaku IKM.

"Jangan hanya menjadi penonton dari besarnya potensi pasar digital dan e-commerce di Indonesia,” tegas Menperin Agus melalui keterangan tertulisnya, Kamis (14/10).

Kemenperin telah meluncurkan e-Smart IKM sejak 2017. Program tersebut diharapkan bisa mendorong pelaku IKM menguasai pasar e-commerce.

Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Reni Yanita menyebutkan hingga 2020, sebanyak 13.183 pelaku usaha yang telah mengikuti program e-Smart IKM.

"Tahun ini telah dilakukan pelatihan kepada lebih dari enam ribu pelaku IKM mengenai digitalisasi usaha, termasuk berjualan produk melalui e-commerce," kata Reni Yanita.

Kegiatan terbaru berlangsung di Kota Surakarta berupa pelatihan IKM Go Digital yang merupakan rangkaian acara Solo Great Sale 2021.

Pelatihan yang diselenggarakan Kemenperin, Pemkot dan Kadin Surakarta itu diharapkan dsapat membekali pelaku IKM mengenai seluk beluk pemasaran digital.

Menperin Agus Gumiwan menilai transaksi e-commerce mencapai Rp 187,75 triliun merupakan peluang besar yang harus direbut pelaku IKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News