Menperin Dor‎ong Peningkatan Industri Komponen Otomotif Nasional

Menperin Dor‎ong Peningkatan Industri Komponen Otomotif Nasional
Menteri Perindustrian Saleh Husin . FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Perindustrian Saleh Husin mendorong penyelenggara pameran turut meningkatkan industri komponen otomotif nasional. Salah satunya dengan memberi kesempatan pelaku industri berpartisipasi dalam ajang pameran kendaraan bermotor.

“Bukan hanya memberi tempat berupa ‘booth’ tertentu tetapi juga menempatkannya di titik strategis. Harus ditata menarik dan jangan di belakang, di pinggir-pinggir,” kata Menperin di Jakarta, Kamis (7/1)..‎

Saat ini, industri komponen dalam negeri memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Beberapa faktornya antara lain semakin maraknya industri perakitan, meningkatnya kebutuhan komponen dan suku cadang untuk layanan purna jual (after sales). Apalagi, pasar otomotif di dalam negeri maupun di ASEAN terus tumbuh.

Kemenperin mencatat, penjualan kendaraan bermotor di ASEAN telah mencapai angka lebih dari 3,1 juta unit pada tahun 2015, di mana Indonesia mengisi pasar dengan jumlah penjualan mendekati angka 1,3 juta unit kendaraan. 

Menurut Menteri Saleh, hal ini memberi ruang bagi industri komponen untuk bermitra dengan prinsipal otomotif global baik membangun pabrik baru atau menambah kapasitas produksi. 

“Setiap kesempatan ajang promosi otomotif harus memberi manfaat bagi industri lokal. Di setiap langkah, national interest memang menjadi fokus kita,” tegas Saleh. (esy/jpnn)


JAKARTA – Menteri Perindustrian Saleh Husin mendorong penyelenggara pameran turut meningkatkan industri komponen otomotif nasional. Salah satunya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News