Menpora Amali Ingatkan Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI

Menpora Amali Ingatkan Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI
Menpora Zainudin Amali. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali menjadi pembicara kunci atau keynote speaker dalam diskusi publik memperingati Hari Sumpah Pemuda 2021 bertajuk "Semangat Membangun Negeri dalam Harmoni Keberagaman Indonesia” yang dilaksanakan Universitas Indonesia dan Harmoni Indonesia secara virtual, Kamis (28/10).

Dalam acara ini, Menpora Amali mengawali sambutannya dengan menyampaikan apresiasi kepada Universitas Indonesia dan Harmoni Indonesia yang sudah menggelar webinar dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh keluarga besar Universitas Indonesia dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 mengadakan webinar berkerja sama dengan Harmoni Indonesia dan mengangkat tema yang menurut saya sangat relevan sekarang ini,” ujar Menpora Amali.

Selanjutnya, menpora mengingatkan bahwa Sumpah Pemuda yang dideklarasikan para pemuda 93 tahun lalu tersebut harus terus dipelihara dan harus dijaga supaya tetap tumbuh semangat sumpah pemuda di kalangan warga bangsa.

“Salah satu cara untuk merawat semangat itu adalah dengan kita sering mengingat, sering mendengungkan, bahwa kita ini beragam. Kita berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, berbeda suku, berbeda kedaerahan, berbeda agama, berbeda bahasa dan berbagai perbedaan lainnya. Tapi itu tidak membuat kita merasa berbeda satu sama lain,” ujarnya.

Sebab, menurut Menpora Amali, sebagai warga bangsa Indonesia, sudah diikat oleh perasaan yang sama dan ada keinginan untuk menyatu dalam perbedaan dan disatukan jadi ikatan yang kukuh.

“Saya merasa bahwa itulah yang menjadi modal tetap eksisnya Negara Kesatuan Republik Indonesia sampai hari ini,” ujarnya.

Menpora Amali mengatakan perjalanan 76 tahun NKRI mengalami pasang surut dalam berbagai hal. Namun, perbedaan yang ada diantara anak bangsa masih bisa diatasi karena adanya Pancasila sebagai dasar negara.

Menpora Zainudin Amali di Hari Sumpah Pemuda mengajak seluruh masyarakat menjaga keutuhan NKRI.