Menpora Amali Penuhi Harapan Presiden, Kontingen Indonesia Peringkat 3 SEA Games 2021

Menpora Amali Penuhi Harapan Presiden, Kontingen Indonesia Peringkat 3 SEA Games 2021
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali (tengah-depan). Foto: putra/kemenpora.go.id

jpnn.com, HANOI - Kontingen Indonesia sukses memenuhi target Presiden Jokowi, yakni massuk tiga besar perolehan medali SEA Games 2021. Tim Merah Putih bertengger di peringkat tiga dengan koleksi 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu dengan total 242 medali.

Untuk peringkat pertama menjadi milik tuan rumah, Vietnam dengan total 439 medali (206 emas, 123 perak, dan 111 perunggu), sementara peringkat dua dipegang oleh Thailand dengan 326 medali (92 emas, 101 perak, dan 134 perunggu).

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet yang sudah berjuang di lapangan.

Selain itu, Menpora Amali juga berterimakasih atas dukungan dari Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, tim CdM, tim review, NOC Indonesia, KONI dan seluruh stakeholder olahraga yang terkait.

Menurut Menpora Amali, keberhasilan Indonesia masuk tiga besar SEA Games 2021 Vietnam berkat kerja keras semua pihak, khususnya para atlet. Ini menjadi bukti bahwa Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sudah berjalan di trek yang benar.

"Dibandingkan SEA Games Filipina sebelumnya, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina ada 800 lebih atlet, tetapi di SEA Games 2021 kali ini hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat."

"Alhamdulilah medali yang kami raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," ujar Menpora Amali saat bertemu Media di Hotel Intercontinental, Minggu (22/5/2022) malam.

Ke depan Menpora Amali juga akan menggunakan cara dan sistem yang sama dalam keberangkatan atlet, bahkan akan lebih ketat lagi. Tahun 2023 sendiri bakal ada Asian Games dan SEA Games Kamboja.

Menpora Amali penuhi harapan Presiden Jokowi, Kontingen Indonesia masuk peringkat 3 SEA Games 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News