Menpora Bakal Lepas Gowes Nusantara Edisi Manado

Menpora Bakal Lepas Gowes Nusantara Edisi Manado
Suasana Gowes yang dipimpin Menpora Imam Nahrawi. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, MANADO - Gowes Pesona Nusantara di kota Manado diprediksi bakal diikuti 3000 orang. Gowes tersebut dipastikan bakal dilepas langsung oleh Menpora Ima Nahrawi, Sabtu (29/7).

Rute gowes di Kota Manado juga terbilang tak terlalu panjang, hanya sekitar 9,2 kilometer. Namun, dengan kontur jalanan yang bervariasi, mulai dari datar sampai menanjak, diyakin rute tersebut bakal menantang.

Asisten Deputi (Asdep) Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora Hamka Hendra Noer menyebutkan bahwa kota Manado memang cukup meriah dalam menggelar Gowes yang melibatkan banyak masyarakat.

"Di Sulut (Sulawesi Utara) ini ada dua titik (GPN), kemarin sudah di Minahasa Utara dan sekarang di Manado. Secara formal, kegiatan gowes ini untuk mengajak masyarakat berolahraga. Di sisi lain, ada spirit nasionalisme di dalamnya," katanya, dalam rilis resmi Kemenpora, Sabtu dinihari.

Lanjut Hamka, GPN ini adalah bagian dari pembudayaan masyarakat sehat, bugar dan ceria. Pasalnya, dari indeks tingkat kebugaran 67 persen, saat ini masyarakat Indonesia belum mencapai 30 persen.

GPN yang menjadi salah satu program andalan Kemenpora di bawah bendera 'Ayo Olahraga' ini melintasi 90 Kabupaten/Kota. Kegiatan ini juga sekaligus untuk mempererat semangat nasionalisme di seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Kegiatan GPN 2017 edisi Manado akan dibuka dengan senam poco-poco yang dilanjutkan dengan prosesi penyerahan tanah dan air suci dari Walikota Manado ke Menpora Imam sebelum secara resmi melepas peserta gowes.(dkk/jpnn)


Gowes Pesona Nusantara di kota Manado diprediksi bakal diikuti 3000 orang. Gowes tersebut dipastikan bakal dilepas langsung oleh Menpora Ima Nahrawi,


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News