Menpora Harap PON Papua Mampu Pecahkan Rekor Asia Bahkan Dunia

Menpora Harap PON Papua Mampu Pecahkan Rekor Asia Bahkan Dunia
Menpora Zainudin Amali di salah satu cabor yang ada di PON XX Papua. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAYAPURA - Menpora Zainudin Amali optimistis Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dapat melahirkan atlet yang kompeten dan berkualitas untuk Indonesia.

Dia meyakini hal itu setelah menyaksikan langsung pertandingan-pertandingan yang ada PON.

"Harapan kami, di PON itu jadi ajang pencarian bakat dan talenta, supaya nanti apa yang terjadi dari PON itu kalau bagus bisa ditingkatkan ke nasional," kata Amali, yang berkantor di Jayapura selama pergelaran PON ini.

Bukan itu saja, Menpora Amali mengharapkan prestasi para atlet di PON XX Papua ini bisa menonjol dan menunjukkan peningkatan prestasi yang siginifikan setelah dibina oleh daerahnya masing-masing selama beberapa tahun ke belakang.

"Kami harap PON ini akan ada pemecahan rekor, baik rekor Asia bahkan kalau memungkinkan rekor dunia," tegasnya.

Saat disinggung tentang masih banyaknya atlet berlevel utama dan sudah banyak bertanding di level internasional tetapi tetap tampil di PON, Menpora meminta ajang ini menjadi sarana untuk menjaga performa.

"Kami tahu ada beberapa atlet Pelatnas yang turun di PON ini. Mereka yang sudah punya rekor, saya harap di ajang ini mereka bisa jaga performa. Untuk yang baru (tampil di PON), ini waktunya untuk menunjukkan bahwa mereka juga mampu naik ke tingkat Nasional," tegas Menpora Amali.

PON XX Papua sendiri bakal digelar dan dibuka hari ini, Sabtu (2/10) di Stadion Lukas Enembe. Presiden RI Joko Widodo dipastikan bakal hadir dalam opening ceremony yang digelar secara meriah namun tak begitu glamor karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.(dkk/jpnn)

Menpora Zainudin Amali memiliki harapan tersendiri untuk prestasi atlet-atlet yang tampil di ajang PON XX Papua.


Redaktur : Friederich
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News