Menpora Ikut Saksikan Peluncuran Uang Pecahan Rp75 Ribu

Menpora Ikut Saksikan Peluncuran Uang Pecahan Rp75 Ribu
Menpora Zainudin Amali. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, menghadiri Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 secara virtual di Situation Room Kantor Kemenpora RI, Senayan, Jakarta, Senin (17/8) siang. 

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Perencanaan dan penetapan jumlah uang yang dicetak khususnya untuk pengeluaran uang kemerdekaan atau UPK 75 tahun RI telah melalui koordinasi yang baik antara berbagai pihak seperti Bank Indonesia, Kemenkeu, Kemensos, Kemensesneg dan para ahli waris pahlawan.

"Peluncuran ini dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan khusus dalam hal ini Peringatan Kemerdekaan RI ke-75 tahun, bukan merupakan percetakan uang baru atau sebagai tambahan likuiditas," tegas Sri Mulyani dalam sambutannya.

Mata uang ini berbentuk uang kertas pecahan nominal 75 ribu rupiah dengan jumlah lembar yang dicetak sebanyak 75 juta yang ditandatangani oleh Menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI.

"Sebagai bentuk wujud syukur atas kemerdekaan dan pencapaian yang telah dilakukan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Maka uang edisi khusus ini ditujukan sebagai bentuk momentum untuk mensyukuri kemerdekaan RI meskipun dalam kondisi menghadapi wabah Covid-19," katanya.

"Peringatan ini ditujukan untuk memperteguh kita semua dalam menjaga kebinekaan dan kesatuan RI serta menambah dan meningkatkan semangat menyongsong masa depan gemilang dan terus mendukung dalam mencapai tujuan kemerdekaan," tambahnya.

Desain uang pecahan kertas 75 ribu ini digambarkan dengan peristiwa pengibaran bendera saat proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945. Foto Ir. Soekarno dan Dr. Drs. Mohammad Hatta serta gunungan memiliki filosofi sebagai pembuka dan permulaan lembaran baru bagi NKRI yang baru saja diproklamirkan.

Selain itu ada pula pencapaian bangsa Indonesia yang digambarkan dalam Jembatan Youtefa, MRT, dan tol lintas Jawa.

Halaman belakang bermakna memperteguh kebinekaan dengan anak-anak berpakaian adat yang mewakili Indonesia serta bermakna menyongsong masa depan gemilang pada era digital yang digambarkan oleh satelit Merah-Putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.

"Era global dengan peta Indonesia Emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia dalam kancah global serta anak-anak Indonesia yang digambarkan sebagai SDM unggul di era Indonesia Maju," tambah Gubernur BI Perry Warjiyo.

Menurutnya, uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Kemerdekaan RI telah dilengkapi dengan unsur pengaman tekhnologi terbaru dan bahan kertas yang lebih tahan lama.

"Inovasi uang rupiah terus dilakukan secara berkala dan terencana untuk memastikan rupiah tetap menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI," tuturnya. (ikl/jpnn)

Menpora turut menyaksikan peluncuran uang pecahan Rp75 ribu sebagai peringatan kemerdekaan ke-75 RI.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News