Menpora Tegaskan Prasarana PON XX Papua Hampir Rampung

Menpora Tegaskan Prasarana PON XX Papua Hampir Rampung
Zainudin Amali. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengatakan pemerintah terus mempersiapkan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua.

Menurut Amali, pihaknya terus mengejar kesiapan infrastruktur, baik tempat pertandingan hingga akomodasi penginapan bagi para atlet, ofisial, dan anggota kontingen lainnya. 

Mantan ketua Komisi II DPR itu menegaskan bahwa secara keseluruhan kesiapan dari prasarana untuk ajang olahraga tersebut sudah sekitar 90 persen lebih. 

“Yang tersisa adalah melakukan finishing dan pengisian peralatan atau perlengkapan di dalam, baik itu tempat penginapan atau akomodasi maupun venue," kata Amali usai Rapat Kabinet Terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (13/7).

Amali menjelaskan bahwa tempat penginapan para atlet juga menjadi perhatian. 

“Misalnya, harus ada segera kami masukkan AC, water heater, tempat tidur, lainnya itu menjadi tanggung jawab dari PB PON dan lain-lainnya," ujar dia. 

Menpora Amali juga memastikan peralatan yang disiapkan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk 26 cabang olahraga dan 36 nomor pertandingan akan berada di Papua pada akhir Agustus 2021 nanti. 

“Sudah ada yang terpasang, sudah ada cabor-cabor yang melakukan test event. Kemudian, di samping itu ada 13 cabor yang peralatannya disediakan oleh PB PON dan itu semua sama statusnya,” kata dia. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menegaskan bahwa prasarana PON XX Papua sudah hampir rampung. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News