Menpora Zainudin Tegaskan Komitmen RI Membangun Laboratorium Antidoping

Menpora Zainudin Tegaskan Komitmen RI Membangun Laboratorium Antidoping
Menpora RI Zainudin Amali didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto saat virtual meeting dengan President of the World Anti-Doping Agency (WADA) Witold Banka yang bermarkas di Montreal, Kanada, Rabu (7/10). Foto: bagus/kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menegaskan komitmen pemerintah membangun laboratorium antidoping.

Komitmen ini disampaikan Zainudin saat virtual meeting dengan President of the World Antidoping Agency (WADA) Witold Banka yang bermarkas di Montreal, Kanada.

Menpora Zainudin yang mengikuti forum itu dari ruang rapat Lantai 10 Graha Pemuda Senayan, Jakarta, didampingi oleh Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Ketua LADI Zaini Khadafi Saragih dan Sekretaris LADI Firtian Judiswandarta.

Zainudin pun menyampaikan komitmen kuat RI dalam mendukung keberadaan lembaga antidoping internasional WADA maupun Lembaga Antidoping Indonesia (LADI).

"Selamat kepada Mr Witold Banka yang terpilih sebagai Presiden WADA yang baru, dan terima kasih atas kepedulian terhadap Indonesia dengan memulai pertemuan penting ini," kata Menpora RI mengawali pembicaraannya.

Bentuk komitmen pemerintah terhadap lembaga antidoping ini akan dibuktikan dengan meningkatkan rencana anggaran dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Kami sampaikan bahwa rencana dukungan keuangan terhadap LADI meningkat sekitar 500 persen pada tahun 2021 dan selanjutnya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya akan digunakan untuk peningkatan jumlah tes doping dan pembangunan labolatorium antidoping di Indonesia" jelas Zainudin.

Dia menjelaskan, pertimbangan utama perlunya membangun laboratoium antidoping, antara lain karena selama ini Indonesia harus mengirim sampel tes doping keluar negeri dan biayanya tidak sedikit.

Menpora RI Zainudin Amali menggelar virtual meeting dengan President WADA yang baru, Witold Banka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News