Menpupr Antisipasi Jalur Pantura Jelang Iduladha

Menpupr Antisipasi Jalur Pantura Jelang Iduladha
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Foto dok Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupr) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya memberikan atensi terhadap jalur Pantura jelang perayaan Iduladha.

"Fokusnya masih di Pantura. Kemenpupr fokus kesiapan infrastruktur dan antisipasi bencana alam banjir dan longsor. Kami siapkan posko dan aktifkan kembali yang sudah kami bentuk pas Idulfitri," kata dia usai rapat bersama dengan instansi terkait dalam mengantisipasi perayaan Iduladha di Mabes Polri, Rabu (23/8).

Dia menambahkan, tidak ada hal yang darurat dalam infrastruktur lalu lintas jelang menghadapi liburan Iduladha. Meski mengakui bahwa Tol Fungsional Brebes-Gringsing ditutup, tetapi infrastruktur lainnya sudah dibuka sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

"Jadi ada empat fly over udah 100 persen selesai jadi bisa digunakan," jelas dia.

Selain itu, tambah dia, truk bermuatan besar juga akan dilarang beroperasi pada Rabu (30/8) sampai Senin (4/9). Dengan begini diharapkan arus lalu lintas menjadi lancar.

"Truk sumbu tiga di Jakarta-Cikampek yang makan lajur jalan dihentikan semua H-2 sampe H+1. Mudah-mudahan bisa bantu sedikit," terangnya.

Untuk jalur Sumatera Utara, kata dia, Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw meminta agar Top Fungsional Kualanamu dibuka. Basuki pun mengabulkan hal tersebut.

"Kami operasikan akan dipake H-2 sampai Iduladha. Nanti pada 28-29 Agustus akan kordinasi Asops Kapolri dan Kakorlantas. Cari final jalur mudik Iduladha. Semoga dapat diantisipasi dengan baik," tandas dia.(Mg4/jpnn)


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupr) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya memberikan atensi terhadap jalur Pantura jelang perayaan


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News