Menristekdikti: Riset Jangan Berhenti pada Publikasi Ilmiah

Menristekdikti: Riset Jangan Berhenti pada Publikasi Ilmiah
Menristekdikti Mohamad Nasir pada Seminar Forum Startup Nasional di Universitas Negeri Makassar, Sulsel, Jumat (11/8). Foto: Humas Kemenristekdikti for JPNN.com

jpnn.com, MAKASSAR - Pertumbuhan perusahaan Startup tidak bisa dilepaskan dari riset. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, riset menjadi awal mula adanya Startup. Karena itu para peneliti harus menggalakkan riset.

"Riset jangan hanya berhenti pada publikasi ilmiah tapi berlanjut di tahap prototipe dan komersialisasi sehingga ada inovasi. Syarat produk inovasi yang siap di-Startup-kan adalah telah memiliki tingkat kesiapan teknologi pada level tujuh," kata Nasir pada Seminar Forum Startup Nasional di Universitas Negeri Makassar, Sulsel, Jumat (11/8).

Nasir menekankan suatu produk inovasi tidak ada artinya jika berharga mahal, umur ekonomis pendek, dan pengerjaan rumit.

Dia mencontohkan produk inovasi yang telah di-startup-kan adalah Kapal Nelayan Plat Datar yang diluncurkan Wakil Presiden pada puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 10 Agustus 2017.

"Produknya murah, lebih murah dari kapal berbahan kayu maupun fiber. Dari sisi umur ekonomis, kapal ini memiliki umur pemakaian yang lama bisa sampai 30 tahun. Dan dari sisi pengerjaan, kapal ini lebih sederhana dan cepat dibandingkan pengerjaan kapal pada umumnya," bebernya.

Lebih lanjut Nasir menjelaskan menumbuhkembangkan startup khususnya di perguruan tingggi sudah dilakukan sejak 2014 melalui pusat unggulan inovasi di berbagai kampus.

Di pusat unggulan inovasi inilah dilakukan penggodokan hasil-hasil riset supaya siap dihilirkan menjadi produk inovasi. Untuk itu kerja sama dengan industri menjdi faktor penting dalam fase hilirisasi produk inovasi.

“Dari poduk inovasi ini jika mampu dihilirkan dan dikomersialkan dengan baik akan memiliki efek multiplier. Ekonomi masyarakat bisa berkembang lebih baik," harap Nasir. (esy/jpnn)

Pertumbuhan perusahaan Startup tidak bisa dilepaskan dari riset. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News