Mensos Agus Lanjutkan Rehabilitasi Sosial Pascagempa NTB

Mensos Agus Lanjutkan Rehabilitasi Sosial Pascagempa NTB
Mensos Agus bersama warga terdampak gempa NTB, Sabtu (25/8) malam. Foto: Istimewa

jpnn.com, LOMBOK - Sehari setelah dilantik Presiden Joko Widodo, Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita langsung bergerak ke lokasi gempa Lombok, NTB. Dia melanjutkan proses rehabilitasi sosial dan perlindungan sosial setelah masa tanggap darurat gempa bumi berakhir, Sabtu (25/8) malam.

Setibanya di Lombok, Mensos langsung memimpin Rapat Koordinasi Transisi Darurat Korban Bencana Gempa Bumi NTB.

Mensos mengatakan, beberapa saat setelah dilantik, Presiden Joko Widodo memerintahkan segera berangkat ke NTB untuk melihat perkembangan yang terjadi berkaitan dengan penanggulangan bencana. 

“Masa tanggap darurat sudah berakhir, maka kita memasuki tahap transisi darurat. Tapi bukan berarti peran Kemensos selesai. Presiden sudah mengeluarkan instruksi presiden dan setiap kementerian dan lembaga memiliki tanggung jawab masing-masing,” tuturnya.

Untuk diketahui, Presiden telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2018 tentang Percepatan Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi Di Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kota Mataram Dan Wilayah Terdampak Di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dalam Inpres tersebut, Kementerian Sosial RI memiliki tugas melaksanakan rehabilitasi sosial dan perlindungan sosial kepada masyarakat di kabupaten/kota dan wilayah terdampak bencana.

Rehabilitasi Sosial meliputi Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk korban gempa khususnya untuk kelompok rentan yakni anak-anak, lansia, ibu hamil, ibu dengan balita, dan penyandang disabilitas.

Usai memimpin rapat koordinasi, Mensos mengunjungi korban gempa yang masih mengungsi di Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. Dia juga secara spontan memberikan kesempatan kepada warga untuk mencurahkan isi hati dan berbagi cerita selama di pengungsian.

Sehari setelah dilantik Presiden Joko Widodo, Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita langsung bergerak ke lokasi gempa Lombok, NTB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News