Lombok Gempa Lagi, Penerbangan di NTB Masih Normal

Lombok Gempa Lagi, Penerbangan di NTB Masih Normal
Beberapa pesawat sedang terparkir. Foto Ilustrasi/jpnn.com

jpnn.com, LOMBOK - Gempa bumi kembali mengguncang Lombok sejak siang sampai Minggu (19/8) malam yang mencapai hingga 7 SR.

Beruntung, gempa tersebut tidak berdampak pada operasional penerbangan di NTB dan sekitarnya.

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali yang membawahi wilayah Bali, NTT dan NTB, Herson mengatakan, setelah gempa terjadi, personel di lapangan langsung melakukan patroli guna mengecek fasilitas.

Hasilnya, baik sisi darat maupun sisi udara serta kegiatan operasional pada bandara-bandara yang berada di bawah koordinasi Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV masih aman.

Dari hasil pantauan pada gedung terminal, baik internasional maupun domestik serta pantauan sisi udara, seperti runway dan fasilitas navigasi dinyatakan aman dan tidak ditemukan kerusakan pascagempa susulan tersebut, sehingga kegiatan operasional penerbangan dinyatakan aman untuk beroperasi.

"Habis gempa susulan tadi siang, saya langsung minta kepada seluruh tim untuk mengecek semua fasilitas di bandara, sama  seperti gempa sebelumnya kemarin. Tidak ada fasilitas yang rusak baik sisi darat maupun udara, sehingga kegiatan penerbangan dinyatakan aman untuk dioperasikan," ujar Herson.

Hal senada juga disampaikan oleh Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno. Dia kembali meminta seluruh stakeholder penerbangan untuk selalu waspada akan kemungkinan gempa susulan kembali terjadi maupun dampak gempa terhadap sarana dan prasarana penerbangan. 

Pramintohadi juga meminta agar terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait dan secara seksama memeriksa seluruh sarana dan prasarana penerbangan agar pelayanan terhadap pengguna jasa penerbangan tetap berjalan normal.

Dia kembali meminta seluruh stakeholder penerbangan untuk selalu waspada akan kemungkinan gempa susulan kembali terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News