Mensos Apresiasi Kerelawanan Warga untuk Keluarga Sehat

Mensos Apresiasi Kerelawanan Warga untuk Keluarga Sehat
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berfoto bersama usai pengukuhan Duta Kesehatan PC Muslimat NU Lamongan, Sabtu (11/2). Foto: source for JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sangat mengapresiasi keterlibatan berbagai elemen masyarakat dalam mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera.

Seperti yang diawali Banom Nahdlatul Ulama dengan membentuk Duta Kesehatan PC Muslimat NU Lamongan.

"Inisiatif semacam ini bagus sekali karena kesehatan keluarga merupakan elemen penting dalam mewujudkan masyarakat sejahtera. Duta Kesehatan Muslimat NU dapat menjadi mitra pemerintah daerah dapat melakukan penyuluhan dan pendampingan melalui perilaku hidup bersih dan sehat," papar Khofifah saat mengukuhkan Duta Kesehatan, Sabtu (11/2).

Khofifah berharap hadirnya duta kesehatan dapat mendorong meningkatkan gizi masyarakat, menurunkan angka kematian ibu, serta mereduksi gizi buruk pada bayi dan balita.

"Saya berharap Duta Kesehatan juga dapat mendukung pemerintah dalam menyampaikan kampanye bahaya NAPZA dan pencegahan di tingkat keluarga," ujarnya.

Menurutnya, kepemimpinan Presiden Joko Widodo memiliki perhatian besar terhadap kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

"Pemerintah? melalui Kementerian Sosial menghadirkan Program Keluarga Harapan (PKH) yang memberikan bantuan tunai bersyarat kepada keluarga kurang mampu. Program ini berkontribusi besar dalam penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan di Indonesia," katanya.

Keluarga yang menerima PKH wajib melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Terkait kesehatan misalnya, ibu hamil wajib memeriksakan kehamilannya di fasilitas kesehatan (faskes) sebanyak empat kali dalam tiga semester. Sementara untuk bayi dan balita, mereka harus mengikuti imunisasi lengkap dan pemeriksaan berat badan setiap bulan.

 Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sangat mengapresiasi keterlibatan berbagai elemen masyarakat dalam mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News