Mensos: Gizi dan Nutrisi Korban Bencana Alam Harus Terpenuhi

Mensos: Gizi dan Nutrisi Korban Bencana Alam Harus Terpenuhi
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan jumlah pengungsi akibat bencana alam hingga triwulan pertama 2017 mencapai 961.714.

Sementara jumlah korban meninggal mencapai 146 jiwa. Adapun jumlah rumah yang rusak akibat bencana mencapai 11.559 unit. Dan jumlah kejadian dalam kurun triwulan pertama 2017 sebanyak 884.

"Mayoritas akibat puting beliung, banjir, dan tanah longsor yang terjadi akibat anomali musim. Statistiknya cenderung meningkat," ungkap Khofifah saat membuka Rapat Koordinasi akselerasi perlindungan korban Bencana di Hotel All Season, Jakarta (3/5).

Khofifah mengatakan melihat besarnya jumlah pengungsi tersebut, maka butuh ketersediaan pasokan logistik yang tidak sekedar cukup tetapi juga cukup kalori dan bergizi. Jangan sampai pengungsi tidak mendapatkan layanan yang baik.

"Perlu peran serta semua pihak untuk mengatasi para pengungsi, tidak terkecuali lembaga internasional dalam skala yang besar," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah mendorong Pemerintah Daerah melalui institusi kebencanaan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk swasta dan individu. Baik dalam negeri maupun luar negeri.

Dengan demikian pelayanan terhadap pengungsi jauh lebih konprehensif, efektif, dan efisien. Baik saat pra bencana, bencana, maupun pemulihan pasca bencana.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Khofifah melakukan MoU (nota kesepahaman) dengan UN World Food Programme.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan jumlah pengungsi akibat bencana alam hingga triwulan pertama 2017 mencapai 961.714.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News